Sabtu, 07 Februari 2009

EA Kucurkan Jutaan Untuk Hak Nama Pemain American Football

GamePolitics melaporkan bahwa bekas pemain American Football dari Oakland Raiders, Dave Pear telah memberikan laporan keuangan dari NFL Players Associaton LM-2 dari tahun 2007 untuk umum. Didalamnya berisi 268 halaman digital portion dari 900 lebih halaman dari dokumen originalnya yang merupakan pembukaan dari total uang yang digunakan oleh Electronic Arts dengan total US$ 35.141.950 untuk NFL Players Union untuk pembelian hak penggunaan nama pemain dan juga tekstur wajah pemain.


Angka tersebut bahkan lebih menakjubkan lagi apabila hanya digunakan untuk biaya pemakaian hak atas nama pemain NFL dan tesktur tubuh serta wajah sekarang ini. Dari US$ 35 juta tersebut yang masuk ke dalam nama pemain, logo ataupun stadium. Sampai sekarang masih jelas apakah uang tersebut merupakan gabungan dari biaya selama beberapa tahun ataukah merupakan biaya HANYA untuk 1 tahun terakhir ini.

Ke semuanya ini dibeberkan oleh Dave Pear, salah satu dari sekian banyak pemain American Football yang telah pensiun dan sedang mencari kompensasi untuk kemiripan yang muncul dalam game American Football ini. Menurut GamePolitics, dari email bulan oktober lalu antara pegawai EA dan wakil dari NFL Players Union menjelaskan secara detil sebuah pilihan untuk mengubah kemiripan dari pemain yang telah pensiun agar pihak EA tidak perlu membayar penuh untuk hak cipta tersebut.

Pada akhirnya, tuntutan hukum dilakukan oleh pihak NFL Players Union terhadap Electronic Arts dan telah berakhir pada November lalu dengan pemain NFL yang telah pensiun sebanyak 2.062 diberikan US$ 28 juta. Dan herannya, jumlah tersebut tidak termasuk dalam US$35 juta yang disebutkan di atas.

0 komentar: